Tuesday 10 October 2017

5G Technology


Meski baru mengajak pengguna jaringan untuk bermigrasi ke 4G, Indonesia siap menyambut kedatangan teknologi 5G. Seperti apakah teknologi ini? Dikutip dari Wired, Rabu (5/4/2017), teknologi 5G pada dasarnya meneruskan apa yang diciptakan oleh jaringan 4G LTE. Layanan 5G secara dramatis meningkatkan kecepatan data yang ditransfer melalui jaringan.

Menurut Huawei, teknologi 5G akan membawa dunia ke era baru yang memungkinkan perangkat lebih mudah terkoneksi dengan satu dengan lain. Diperkirakan, berkat 5G, di masa depan akan ada pengalaman dan aplikasi baru seperti mobil tanpa kemudi, operasi dari jarak jauh, Virtual Reality (VR), dan hiburan berbasis VR.Teknologi 5G dapat memenuhi berbagai skenario aplikasi dengan koneksi antar benda menjadi skenario yang utama, termasuk sistem mengemudi otonom, kendaraan terkoneksi (V2X), pengiriman melalui drone , dan otomasi robot industri.

Bagian terpenting dari koneksi 5G adalah kemampuannya dalam menghadirkan VR dan AI (kecerdasan buatan) yang lebih baik, menghubungkan mesin ke mesin (M2M), dan membawa Internet of Things (IoT) ke tahap selanjutnya. Selain itu, 5G juga dikatakan akan mampu memberikan dukungan kuat pada perkembangan internet dan memberikan pengalaman Mobile Broadband (MBB) melalui pemenuhan kriteria untuk tingkat spektrum yang tinggi, jumlah koneksi yang banyak, dan latensi yang sangat rendah dengan kisaran 1 mili detik, yang memungkinkan operator untuk memberikan lebih banyak koneksi Mobile Network of Things (MoT).

Meski 5G masih dalam tahap standardisasi, beberapa jaringan pra-komersial akan muncul di dunia global paling cepat pada tahun 2018.
"Sementara untuk Indonesia, perkembangan jaringan ini sudah baik. Indonesia sudah dapat mengadopsi teknologi 5G pada beberapa komponen teknologi LTE yang tersedia. Hal ini dapat membuat jaringan lebih siap untuk mengadopsi evolusi 5G selanjutnya di masa depan," ujar Mohamad Rosidi, Direktur Strategi dan Marketing TIK, Huawei Indonesia.implementasi jaringan ini dapat meningkatkan kualitas jaringan dan menawarkan efisiensi tinggi dengan menggunakan sumber daya yang sudah ada."

Apa itu 5G?

5G atau Fifth Generation (generasi kelima) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler meleibih standar 4G . Teknologi generasi kelima ini direncanakan akan resmi diliris untuk sistem operasi seluler pada 2020, sehingga saat ini masih terlalu dini untuk mengetahui akan seperti apa teknologi 5G tersebut.

Keunggulan 5G?

Teknologi 5G belum dapat dipastikan seperti apa keunggulan dan kekurangannya karena saat ini hal itu masih berupa konsep. Tetapi dari konsep-konsep yang diciptakan tersebut, terdapat beberapa konsep yang menjadi tujuan utama dari teknologi 5G, yaitu: 
Kecepatan data yang lebih signifakan dari 4G. 
Memiliki transfer data dari satu telepon ke telepon lain dengan kecepatan satu mili detik. 
Dapat terkoneksi dengan alat seperti telepon, mobil, dan peralatan rumah tangga. 
Teknologi 5G diprediksi memiliki kecepatan sekitar 1000 Mbps, atau seratus kali lebih cepat dari kecepatan generasi sebelumnya. Dengan kecapatan seperti itu, teknologi 5G bisa memungkinkan untuk mengunduh film
High Definition hanya dalam 15 detik.

Sumber : okezone, wikipedia


EmoticonEmoticon

Note: only a member of this blog may post a comment.